This is the latest news from us.

You can edit this description in the Content Category Manager.

This will show the most recent article. You can easily change it to show more if you wish.

The module on the left shows a list of older articles.

Pengelolaan lingkungan amat penting demi untuk menjamin kelangsungan hidup manusia dan mahluk hidup lainnya.  Penggunaan dan penambangan sumber Energi yang tidak dilakukan dengan benar akan menyebabkan pencemaran lingkungan dan mengancam keberlangsungan hidup manusia dan Keaneka ragaman Hayati. Hal ini dibuktikan dengan telah terjadinya pergeseran musim dan Perubahan Iklim.

Berbagai usaha telah dilakukan sehingga telah terjadi kemajuan pesat dibidang sains dan teknologi dalam hal pengelolaan lingkungan. Hal ini menyebabkan penemuan-penemuan di bidang energi baru dan terbarukan (renewable energy), seperti energi surya, mikro hidro, dan bio energi. Selain itu juga telah banyak penemuan di bidang teknologi eco building,perencanaan dan pemanfaatan infrastruktur yang ramah lingkunganyang semuanya termasuk dalam ruang lingkup Green Technology.

Kemajuan dalam sains dan teknologi dibidang Pengelolaan dan Pencemaran Lingkungan salah satunya adalah dibidang pengelolaan limbah termasuk waste water treatment dan daur ulang sampah. Sehingga banyak penemuan-penemuan baru dalam teknologi pemanfaatan sampah termasuk sampah kota.

Pengelolaan lingkungan dan ekosistem yang baik yang disebut dengan revolusi hijau, terbukti telah menghindarkan sawah, hutan, dan perkebunan dari kerusakan dan pencemaran. Hal initelah meningkatkan hasil perkebunan, hutan, dan hasil panen. Oleh karena itu, pengelolaan lingkungan sangat dibutuhkan dalam mendukung Ketahanan Pangan Nasional.

Agar kelestarian lingkungan selalu terjaga, amat tergantung kepada peran masyarakat dan kebijakan pemerintah untuk menekan tindakan-tindakan yang akan merusak lingkungan. Oleh karena itu Sosiologi Lingkungan berperan penting dalam menjaga agar pengelolaan lingkungan berlangsung terus-menerus dan berkelanjutan.

Tema yang diangkat dalam Seminar Nasional tahun 2017 ini adalah:

SAINS DAN TEKNOLOGI MENUNJANG  KEBERLANJUTAN PEMBANGUNAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

dengan Sub Tema:

  1. Energi
  2. Keanekaragaman Hayati
  3. Pengelolaan dan Pencemaran Lingkungan
  4. Ketahanan Pangan
  5. Green Technology
  6. Sosiologi Lingkungan
  7. Perubahan Iklim

Oleh karena itu, seminar nasional ini dapat diikuti oleh berbagai bidang ilmu dan teknologi, atau multi disiplin.